.
.

Cara Memainkan Game PS2 Di Komputer(PC)

Bagi sobat glovers yg ingin main game ps2 ke pc nih sedikit caranyaa , caranya sedikit berbeda, kita memerlukan aplikasi tambahan agar game PS2 dapat dijalankan. Anda memerlukan Emulator PS2 sebagai aplikasi yang dapat menjalankan game PS2 di PC anda.

System Requirements(Recommended):
Windows Xp/Vista/7(x86/x64)
Intel Core 2 Duo 2GHz/AMD Athlon 64 X2 2.5GHz atau yang lebih tinggi
GPU NVIDIA GeForce GTX series/AMD Radeon HD 2000(support DirectX 10)atau yang lebih tinggi
2GB RAM(3GB atau lebih jika menggunakan windows vista atau seven)

Mengapa memerlukan spesifikasi hardware yang lumayan tinggi? karena emulator ini bekerja diatas sistem operasi dengan meniru fungsi-fungsi pada console ps untuk meload data dari game yang kemudian dapat ditampilkan dan berjalan seperti layaknya console ps2.

Tidak perlu anda bertanya lagi tentang spek komputer anda, silahkan ambil acuan System Requirements diatas. Walaupun rekomendasi system yang dibutuhkan seperti yang saya tulis diatas, pada game-game PS2 tertentu mungkin tidak memadai sehingga akan terasa berat ngadat(lag). Sehingga jika anda memiliki spek komputer yang lebih tinggi akan lebih baik. jadi jenis game yang anda mainkan juga berpengaruh.

Nah untuk mulai memainkan game PS2 di komputer anda silahkan ikuti tutorial berikut. Pertama download dahulu semua perlengkapannya pada link yang saya berikan dibawah(Emu PS2, DirectX9c dan Net.Framework 3.5). Silahkan anda install terlebih dahulu Net.Framework 3.5 kemudian DirectX9c lalu Emulator PS2nya dan pindahkan folder memcards juga bios yang saya sertakan pada emulatornya ke drive atau tempat anda menginstall PCSX2(emulator ps2) tadi. umumnya di C:\Program Files\PCSX2 0.9.8\letakan disini.

Saya anggap semua sudah beres terinstall dan folder memcards juga bios sudah anda pindahkan. Jalankan PCSX2 yang sudah terinstall tadi. maka akan tampak seperti gambar dibawah ini. pada Language selector pilih English (U.S.) kemudian klik Apply => Next

Cara Memainkan Game PS2 Di Komputer

Berikutnya akan tampak First Time Configuration seperti gambar di bawah, disitu silahkan anda setting sesuai perangkat dan kebutuhan anda, yang perlu anda perhatikan pada GS, PAD dan SPU2. GS untuk mengatur video grafik, PAD untuk mengatur control buttom baik pada keyboard maupun joystick, kemudian SPU2 untuk pengaturan sound atau suara.

Cara Memainkan Game PS2 Di Komputer

Mungkin anda akan bingung untuk mengatur PAD, saya contohkan sedikit, klik Configuration pada PAD kemudian akan tampak seperti di bawah ini, klik Pad 1. Nah untuk mengatur control buttom dengan menggunakan joystick pastikan tancapkan joystick anda sebelumnya. Aktifkan terlebih dahulu tombol pada Configuration Pad 1 dengan mengelik satu kali, lalu tekan tombol yang sama pada joystick. Misalnya klik Circle kemudian tekan tombol lingkaran(bulat) pada joystick, begitu seterusnya. lalu Apply > OK.

Cara Memainkan Game PS2 Di Komputer

Jika anda sudah selesai mensetting, klik Next. akan muncul tampilan seperti di bawah ini, hilangkan centang pada Use default setting. lalu klik Browse dan pilih folder bios yang sudah anda copy ke folder instalasi PCSX2 tadi. Kemudian pilih jenis bios USA v02.00 atau yang lainya dan trakhir klik Finish.

Cara Memainkan Game PS2 Di Komputer

Cara Memainkan Game PS2 Di Komputer

Cara Bermain Game PS2 Di Komputer

Selesai sudah proses install dan setting emulator PCSX2 anda, sekarang bagaimana cara menjalankan gamenya! Setelah anda klik finish tadi maka akan terbuka tampilan PCSX2,  klik  menu System pilih Boot CDVD (full) dan pilih image file game PS2 yang ingin anda mainkan lalu klik Open(support jenis iso, mdf, nrg, bin, img).

Cara Bermain Game PS2 Di Komputer
Cara Bermain Game PS2 Di Komputer
Cara Bermain Game PS2 Di Komputer

Nah ini screenshot saya bermain WE10 EURO 2012 :D

Cara Bermain Game PS2 Di Komputer
Cara Memainkan Game PS2 Di PC
Cara Memainkan Game PS2 Di Komputer


Karena koneksi saya bisa dibilang sangat lambat dan sering putus saat upload, akhirnya Emulator PS2nya saya bagi menjadi lima part, part1-4(8MB)part5(150KB). silahkan anda download semuanya terlebih dahulu kemudian jadikan dalam satu folder dan extract part1 saja, otomatis part4-5 akan ikut. dan lakukan istalasi.

Download:  > Emu PS2 => Part1 | Part2 | Part3 | Part4 | Part5
                  > DirectX9c
                  > Net.Framework 3.5(hanya untuk windows xp)
                  > Untuk download games PS2 di www.emuparadise.me


okeh , sekian dulu yee moga bermanfaat :D
Adsense Indonesia